Langsung ke konten utama

Memilih Bibit Mangga Berkualitas


Siapa tak kenal buah mangga? Buah manis dan lezat yang disukai oleh banyak orang. Orang Indonesia biasa menanam mangga di halaman rumah, kebun, dan lain sebagainya. Untuk membudidayakan mangga, memang tak perlu penanganan dan perlakuan khusus. Jadi, tak heran jika banyak orang mencari bibit mangga.





Semua orang bisa menanam mangga. Namun, dengan penanganan yang sama, hasilnya bisa berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh bibit mangga mana yang dipakai. Makin bagus bibit mangga, makin unggul pula hasil buahnya.





Dengan begitu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara memilih bibit mangga yang bagus. Ini penting agar Anda tak tertipu ketika hendak membeli bibit mangga di pasar.  





Sebelum Anda membeli benih, memang sebaiknya memilih lebih dahulu. Sebab, benih mangga sangat berpengaruh terhadap tanaman mangga kedepannya.





Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam memilih bibit mangga mana yang layak untuk dijadikan benih. Pilihlah benih yang bisa Anda pastikan berkualitas unggul. Untuk itu, kami akan membagikan ciri-ciri bibit mangga yang berkualitas unggul.





Bibit Mangga Berkualitas





Ada beberapa ciri fisik yang bisa Anda amati untuk menentukan bibit mangga berkualitas. Karakteristik benih yang berkualitas tentunya memiliki karakter yang baik pula. Ini bisa diamati dari karakter ranting, batang, serta daun benihnya. Namun, hal ini perlu pengalaman. Jika Anda ragu, Anda dapat memesan bibit mangga berkualitas di pembudidaya yang sudah terpercaya.





Namun, tak ada salahnya belajar. Di bawah ini kita akan mengamati ciri-ciri atau karakteristik benih mangga yang unggul. Anda bisa menggunakan alat ini untuk menilai bibit mana yang unggul dan mana yang tidak.





Ciri – Ciri Bibit Mangga yang Bagus dan Berkualitas





  1. Bebit mangga yang bagus memiliki cabang primer yang pertumbuhannya merata di tiap sudutnya.
  2. Sudut 90 derajat sampai dengan sudut 120 derajat merupakan sudut yang bagus. Penghitungan sudut ini sangat diperlukan karena hal tersebut menyangkut dengan kualitas bibit mangga itu sendiri.
  3. Batang yang dimiliki oleh bibit yang berkualitas itu harus luru dan kokoh. Sebisa mungkin, Anda harus bisa memilih batang bibit mangga yang tak cacat.
  4. Selain ketika hal tersebut, Anda juga perlu mengamati ukuran batang bibit mangga. Batang bawah dengan batang atas perlu sepadan.
  5. Bibit mangga tak boleh tumpang tindih. Bibit yang tumpang tindih membuat kualitas mangga menurun.
  6. Dan yang keemnam, daun pada bibit mangga berkualitas adalah yang punya fisik mulus. Pada bibit mangga bekualitas, warna daun yang dimilikannya itu hijau cemerlang, bukan hijau pucat. Di samping itu, daun pada bibit mangga kualitas tinggi biasanya rimbun.




Bibit Mangga
Bibit Mangga




Usia Bibit Mangga Berkualitas Tinggi





Setalah mengetahui karakteristik serta ciri-ciri bibit mangga yang berkualitas, Anda mesti tahu dalam bibit mangga terbaik berada di umur berapa.





 Dalam proses pemilihan bibit mangga, usia tanaman harus diketahui betul. Sebab, usia pada benih bisa dikatakan mempengaruhi kualitas bibit. Anda tak bisa sembarangan menggunakan bibit tanpa mengetahui berapa usia benih yang sudah cocok untuk ditanam. Biasanya, pemindahan benih yang belum siap untuk ditanam atau dipindahkan di lokasi pembesaran bisa berakibat pada stresnya benih.





Jika bibit mangga yang kita tanam stres, maka bibit tersebut akan mudah dan rentan terhadap serangan penyakit. Hal ini apabila diteruskan bisa fatal dan mengakibatkan kematian pada bibit mangga yang ditanam.





Jadi, usia optimal benih adalah tiga sampai empat tahun. Namun, benih yang bagus adalah yang sudah berusia di atas satu tahun. Benih mangga yang masih berumur di bawah masih terlalu muda untuk dipindahkan ke tempat lain.





Jenis – Jenis Mangga yang Banyak Dicari dan Berkualitas Tinggi





Buah mangga memiliki berbagai jenis bentuk dan ukuruan. Hal ini disebabkan varietas yang berbeda pada tiap buahnya. Namun, dari sekian banyak jenis mangga, pasti ada varietas mangga yang lebih unggul dan digemari banyak orang. Berikut ini adalah di antaranya





  1. Mangga Manalagi




Buah mangga jenis mana lagi itu asli dari Indonesia. Konon, mangga manalagi adalah jenis atau varietas yang dikemabangkan oleh para petani di Situbondo, Jawa Timur. Rasa dari mangga jenis ini tak diragukan lagi. Mangga manalagi memiliki ciri khas, yaitu daging tebal dan berserat dan memiliki rasa manis yang pas.





  • Mangga Harumanis




Mangga ini juga asli dari Indonesia. Di pasaran, mangga harumanis adalah primadona. Soal permintaan, jangan ditanya lagi. Permintaan buah harumanis selalu tinggi. Dari namanya saja sudah terbayang bagaimana rasa buah satu ini. Tentu saja, lezat. Dengan cita rasa manis, mangga ini pun menebarkan aroma harum khas mangga yang menggiurkan.





  • Mangga Yu Wen




Di kalangan para pecinta buah mangga, mangga ini tentu tak asing. Varietas ini asli dari Taiwan. Bagian kulit buah mangga yu wen berwarna kueunguan dan sekilas tampak seperti penampakan ubi jalar.  Pada bagian dagingnya, mangga yu wen berwarna kuning mencolok dan berserabut. Untuk Anda yang suka rasa manis, mangga ini tentu cocok untuk lidah Anda.





Itu adalah tiga di antara yang banyak. Ada banyak lagi jenis mangga yang juga segar dan lezat untuk disantap. Persoalan selera tentu berbeda tiap lidah manusia. Namun, yang jelas, mangga adalah buah lezat yang bisa ditanam oleh siapa pun.





Jika Anda tertarik untuk ikut serta membudidaya mangga, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit mangga unggulan yang terpercaya. Bibit mangga unggul sangat berpengaruh pada hasil panen dan kualitas buah yang maksimal. Jika Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alpukat Introduksi Unggulan di Indonesia

Alpukat Introduksi yang mulai dikembangkan di Indonesia saat ini sangatlah banyak. Pastinya dengan kualitas unggulan, baik dari rasa, ukuran dan daging buah yang sangat pulen. Sebenarnya alpukat introduksi sudah sangat banyak di indnesia, dari yang sudah familyer seperti hawai, hass, red vietnam dll. Namun akhir-akhir ini juga sangat banyak banget jenis-jenis baru yang masuk ke indonesia, seperti jenis alpukat Namlong, Hongngoc, Sab 034, Cuba, TA21, Peterson, Green Taiwan, Yellow Vietnam, Bokhong ten (B10), Both 7, Avozilla, dan masih banyak lagi.  Temen-temen yang mau tau lebih detail tunggu ya artikel saya selanjutnya, sementara ini saya mau menjelaskan secara singkat aja dari beberapa jenis alpukat introduksi di atas. 1. Alpukat Hongngoc, memiliki buah kuning ke orange dan berat buah rata-rat 500gram 2. Alpukat Namlong, memilikin buah yang bagus dan cukup banjang, besar, daging buah juga kuning mentega 3. Alpukat TA21,memiliki buah bulat daging yang bagus banget dengan rasa yang

Jual Bibit Black Sapote Jumbo Dan Non Biji

 Jual Bibit Black Sapote Jumbo Dan Non Biji Bibit Black Sapote Jumbo dan Non Biji Bibit Black Sapote berasal dari daerah Meksiko Amerika Tengah dan Colombia. Black Sapote ini memiliki kulit berwarna hijau, jika teman-teman membelah buah ini, akan terlihat daging buah yang berwarna cokelat agak kehitaman. Manfaat buah blacksapote ini diketahui mengandung akan vitamin C, guna membantu menjaga kesehatan tubuh teman-teman. Sehingga melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, buah black sapote juga mempunyai manfaat menjaga kesehatan kulit. Warna buah black sapote pada bagian luarnya hijau namun ketika teman-teman membelahnya, buah ini memiliki warna daging buah hitam pekat. Banyak orang yang mengatakan, bahwa black sapote memiliki rasa yang mirip dengan puding cokelat dengan perpaduan rasa manis dan tekstur lembutnya. Buah Black Sapote Tinggi pohon black sapote bisa mencapai 15 hingga 20 meter, termasuk tanaman tropis yang terbilang genjah atau mudah berbuah. Apabila dirawat dengan baik,

Bibit Kelapa Genjah Entok Pendek Berbuah

 Bibit Kelapa Genjah Entok Pendek Berbuah Bibit Kelapa Genjah Entok Bibit Kelapa Genjah Entok merupakan salah satu jenis kelapa unggul yang ada di Indonesia. Jenis ini memiliki buah hijau, produktifitas tinggi dan pendek sudah mulai berbuah. Yaitu rata-rata mulai produksi pada usia 3 atau 4 tahun setelah tanam. Pohon Kelapa Genjah Mulai tahun kemarin yaitu 2022, jenis kelapa genjah entok ini mulai dikembangkan atau ditanam di beberapa daerah di Indonesia untuk mendukung swasembada pangan nasional. Jenis ini di pilih karena sudah terbukti cepat berbuah dan produktifitas buah juga tinggi. Untuk penanaman ataupun perawatan bibit kelapa genjah ini juga sangat mudah dibanding bibit buah lainya. hampir di semua tempat dari pantai atau pegunungan bibit kelapa bisa tumbuh dan berproduksi dengan baik. Maka tak heran prospek berkebun kelapa genjah entok sangatlah menjanjikan. Dari buah kelapa sendiri sangat banyak manfaat dan olehannya Kelapa Genjah Pendek Berbuah Lebat Sebelum menanam pastikan