Langsung ke konten utama

Bibit Alpukat Aligator

 

BIBIT ALPUKAT ALIGATOR

Bibit Alpukat Aligator  merupakan salah satu jenis alpukat yang di unggulkan di Indonesia, karena ukuran buah cukup besar, berdaging tebal. Tanaman alpukat berasal dari daratan Meksiko yang terletak di Benua Amerika, di Indonesia tanaman alpukat mulai dikenal dan dikembangkan pada abad 18. Selain di Indonesia alpukat juga dikembangkan oleh negara-negara daerah beriklim tropis dan subtropis di seluruh dunia.

bibit alpukat aligator
Bibit Alpukat Aligator

Bibit alpukat aligator dikembangkan melalui sambung pucuk atau okulasi. Jenis alpukat aligator merupakan salah satu jenis alpukat yang sangat popular, karena buah berukuran cukup besar dan panjang (lonjong), daging buah tebal, tidak begitu berair (pulen) dan warna buah berwarna kuning seperti mentega.

Bagi teman-teman yang ingin menanam pohon alpukat alligator, kami Sobat Kebun menyediakan bibit alpukat alligator dengan kualitas terbaik, tentunya dengan perawatan dan indukan yang terbaik juga.

Kriteria Bibit Alpukat Aligator Terbaik

Berikut beberapa ciri-ciri bibit tanaman buah yang sehat dan unggul [1]:

1.      Vigor. Artinya, tanaman dalam kondisi subur dan tegap.

2.      Daun bibit mulus dan tidak ada hama penyakit. Warna daun bibit hijau cerah atau pucuknya berwarna hijau atau merah muda. Jika sedang kondisi stagnan, daunnya berwarna hijau tua yang mengkilap. Jika ada bekas serangan hama dan penyakit serta menggulung, sebaiknya tanaman diwaspadai.

3.      Batang bibit sehat, lurus, kulit batang cerah beralur, potongan cabang/dahan tidak dipaksakan, serta bentuk proporsional atas dengan bawahnya. Batang atas harus tegak mengarah ke atas, tidak bengkok,atau merunduk ke bawah. Untuk bibit yang lebih dari satu meter, pilih bibit yang ada percabangannya. Tananaman yang baik memiliki banyak cabang ke semua arah serta tajuknya rimbun. Selain itu, batang bebas dari jamur yang menempel dan hama, seperti bulatan putih (kutu putih) serta penggerek atau bekas sayatan.

4.      Akar bibit memiliki banyak akar serabut. Bahkan, akar serabut sudah sampai ke tepian polybag atau menembus polybag dan akar tampak putih.

5.      Bibit yang sudah berbuah diperhatikan kerontokan daun dan bentuk buahnya. Sebaiknya daun tidak rontok. Bentuk buah harus sempurna, tidak berulat, proposional, tidak mengecil, warna kulit buah cerah, atau biasanya berminyak atau ada bubuk putihnya.

Tempat Tumbuh

Sayangnya, tanaman buah alpukat masih memerlukan lahan yang luas sebagai tempat tumbuhnya. Bahkan jika bisa dibandingkan, ia memerlukan lahan luas layaknya tumbuhan buah nangka besar yang bukan lagi dipekarangan, tetapi benar-benar di lahan luas atau pekarangan yang lebar. Kita bisa melihat ukuran pekarangan sempit yang paling lebar yaitu 50 -100 m2, meski kurang efisien, tidak apalah, baiknya lebih dari ukuran pekarangan itu jika ingin menanam lebih dari satu tanaman buah alpukat.

Kesesuaian Tempat Tumbuh

Alpukat merupakan tanaman buah dataran rendah dengan tempat tumbuh iklim basah, 0-800 m dpl (25 – 30o C). Namun, alpukat ternyata juga dapat tumbuh di dataran tinggi 800 – 3.000 m dpl (12 – 21o C) beriklim basah.

Persiapan Penanaman Bibit [1]

Bersihkan dan gemburkan tanah terlebih dahulu agar aerasi udara dalam tanah menjadi lancar, gas-gas beracun bisa lepas ke udara bebas, dan akar tanaman bisa tumbuh leluasa untuk menyerap unsur hara dan air.

1.      Pembuatan Lubang Tanam

Sebelumnya, lahan di sekitar lubang penanaman dibersihkan dari gulma, tanaman lain, dan batu-batu. Setelah itu, lubang tanam dibuat dengan ukuran 60 cm x 60 cm dengan kedalaman 60 cm. Pisahkan lapisan atas (top soil/bagian tanah yang subur) dengan tanah lapisan bawah (bagian tanah yang kurang subur). Caranya, gali tanah hingga kedalaman 30 cm dari permuaan tanah (top soil), lalu letallam di samping lubang tanam. Selanjutnya, gali kembali 30 cm ke bawah (tanah lapisan bawah), lalu letakkan disamping lubang tanah yang berlawanan dengan lapisan atas. Biarkan lubang tanam selama satu miggu dalam kondisi terbuka. Tujuannya agar lubang cukup terkena paparan sinar matahari serta oksigen yang cukup dari udara. Selain itu, hama dan penyakit dalam tanah akan mati terkena sinar matahari.

buah alpukat aligator dari bibit unggul
Buah Alpukat Aligator Unggul

2.      Pemberian Pupuk Dasar

Tanaman buah harus di tanam di tanah subur dengan kandungan humus yang tinggi. Tanah yang cocok untuk berkebun adalah yang berstruktur remah, yakni yang gumpalannya kecil dan memiliki pori-pori sehingga mampu membentuk sirkulasi udara dan resapan air dengan baik. Cara memperoleh jenis tanah tersebut salah satunya dengan mencampurkan kompos. Adapun kebutuhan tanaman buah akan unsur hara makro (N, P, dan K) serta unsur hara mikro, seperti Ca, Mg, dan S dapat dipenuhi melalui pemupukan secara rutin.

Sebelum dilakukan penanaman sebaiknya diberikan pupuk dasar ke dalam lubang tanam. Umumnya pupuk dasar yang digunakan ada;ah pupuk kandang, seperti kotoran sapi, pupuk kotoran kerbau, dan pupuk kotoran kambing atau domba. Pupuk kandang yang digunakan harus matang. Ciri-cirinya adalah pupuk sudah tidak panas, berwarna hitam, gembur atau tidak lengket, dan baunya tidak menyengat. Selain pupuk kandang, pupuk dasar dapat menggunakan pupuk kompos.

Pupuk dasar diberikan dengan cara dicampurkan ke dalam tanah lapisan bawah, misalnya pupuk kandang sebanyak 25-30 kg, lalu aduk rata. Setelah itu, masukkan tanah lapisan atas ke dalam lubang tanam dan diikuti tanah lapisan bawah. Selanjutnya, dapat diberikan ajir tepat di tengah lubang tanam sebagai petunjuk bibit yang akan ditanam.

Perbandingan media tanam untuk bibit alpukat alligator adalah 3:1:1 (tanah:pupuk kandang:sekam) atau 2:1 (tanah:pupuk kandang). Andaikan pada satu pekarangan di tanam beberapa tanaman buah, agar semua tanaman mendapat sinar matahari yang cukup, tanamlah tanaman buah yang berukuran kecil di bagian timur dan yang berukuran besar di bagian barat. Alpukat, jika ingin cepat berbuah, seperti layaknya lengkeng ia memerlukan sinar matahari yang cukup. Namun, ia termasuk tanaman yang harus ditanam di lahan lebar meski tidak menutup kemungkinan di pekarangan sempit yang paling lebar dengan beberapa pohon saja. Ini terbukti bahwa pohon alpukat menghalangi sinar matahari masuk untuk tanaman di depannya. Tanaman alpukat harus ditanam di arah barat.

REFERENSI

[1] Wijaya & Dewi, T.Q. (2015). Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan. Jakarta: Penebar                 Swadaya. ISBN (13) 978-979-002-700-8

Bagi teman-teman yang ingin berkebun alpukat aligator, silahkan hubungi 085777614260, karena Sobat Kebun menyediakan bibit alpukat aligator dan jenis lainya. 

Konsutasi atau sekedar sharing juga boleh ya,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alpukat Introduksi Unggulan di Indonesia

Alpukat Introduksi yang mulai dikembangkan di Indonesia saat ini sangatlah banyak. Pastinya dengan kualitas unggulan, baik dari rasa, ukuran dan daging buah yang sangat pulen. Sebenarnya alpukat introduksi sudah sangat banyak di indnesia, dari yang sudah familyer seperti hawai, hass, red vietnam dll. Namun akhir-akhir ini juga sangat banyak banget jenis-jenis baru yang masuk ke indonesia, seperti jenis alpukat Namlong, Hongngoc, Sab 034, Cuba, TA21, Peterson, Green Taiwan, Yellow Vietnam, Bokhong ten (B10), Both 7, Avozilla, dan masih banyak lagi.  Temen-temen yang mau tau lebih detail tunggu ya artikel saya selanjutnya, sementara ini saya mau menjelaskan secara singkat aja dari beberapa jenis alpukat introduksi di atas. 1. Alpukat Hongngoc, memiliki buah kuning ke orange dan berat buah rata-rat 500gram 2. Alpukat Namlong, memilikin buah yang bagus dan cukup banjang, besar, daging buah juga kuning mentega 3. Alpukat TA21,memiliki buah bulat daging yang bagus banget dengan rasa yang

Jual Bibit Black Sapote Jumbo Dan Non Biji

 Jual Bibit Black Sapote Jumbo Dan Non Biji Bibit Black Sapote Jumbo dan Non Biji Bibit Black Sapote berasal dari daerah Meksiko Amerika Tengah dan Colombia. Black Sapote ini memiliki kulit berwarna hijau, jika teman-teman membelah buah ini, akan terlihat daging buah yang berwarna cokelat agak kehitaman. Manfaat buah blacksapote ini diketahui mengandung akan vitamin C, guna membantu menjaga kesehatan tubuh teman-teman. Sehingga melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, buah black sapote juga mempunyai manfaat menjaga kesehatan kulit. Warna buah black sapote pada bagian luarnya hijau namun ketika teman-teman membelahnya, buah ini memiliki warna daging buah hitam pekat. Banyak orang yang mengatakan, bahwa black sapote memiliki rasa yang mirip dengan puding cokelat dengan perpaduan rasa manis dan tekstur lembutnya. Buah Black Sapote Tinggi pohon black sapote bisa mencapai 15 hingga 20 meter, termasuk tanaman tropis yang terbilang genjah atau mudah berbuah. Apabila dirawat dengan baik,

Alpukat Mentega Jumbo dan Info Jual Bibit Alpukat Super

  A lpukat M entega J umbo dan Info Jual Bibit Alpukat Super Bibit Alpukat Mentega Alpukat mentega merupakan salah satu jenis alpukat yang laris manis di pasaran karena terbukti rasanya yang enak dan ukuran buahnya juga relatif besar. Alpukat mentega jumbo sendiri masuk kategori alpukat jumbo, dengan buah yang besar tentu membuat daging sangat tebal. Dari sudut pandang petani, membudidayakan buah alpukat mentega jumbo merupakn salah satu pilihan terbaik dalam berkebun buah, karena bisa menghasilkan buah besar dan meningkatkan jumlah panen tentu keuntungan meningkat. Keunggulan Alpukat Mentega Jumbo 1.        Rasa Alpukat Mentega : Dari segi rasa alpukat mentega dinilai lebih manis dari pada jenis alpukat lainnya dan tidak ada serat pada daging sehingga sangat lembut. Alpukat mentega bisa langsung dimakan tanpa ada campuran gula karena rasanya yang sangat manis. 2.        Masa Penen Cepat : Alpukat mentega bisa panen 2 sampai 4 kali setiap tahunnya, secara umum alpukat hanya pa